Selasa, 26 Juli 2016

Mengenal Plastik Vacuum Sealer


Kelebihan dan Kekurangan Plastik Vacuum Sealer
 

Ada beragam jenis plastik yang dapat digunakan sebagai kemasan untuk produk yang anda jual. Tapi tidak semua plastik bisa digunakan sebagai plastik vacuum sealer. Plastik yang bisa anda gunakan untuk mesin vakum bukanlah plastik yang biasa anda gunakan untuk membungkus perkedel atau tahu ya. Tentunya anda harus menggunakan plastik yang benar – benar berkualitas jika akan digunakan pada mesin vakum. Penggunaan plastik yang salah justru akan membuat kemasan jadi terlihat jelek dan tidak menarik, membuat plastik menjadi meleleh dan bahkan dapat merusak produk anda nantinya. Jadi, plastik seperti apa kira – kira yang bisa digunakan untuk mesin vakum ? anda harus menggunakan plastik vakum tentunya, umumnya plastik vakum lebih tebal dari plastik biasa.



Plastik kemasan sendiri ada berbagai jenis cara pengemasannya. Ada plastik kemasan yang menggunakan zipper alias resleting untuk menutup dan membukanya. Ada plastik kemasan yang menggunakan valve yang fungsinya seperti zipper yang dapat dibuka dan direkatkan kembali. Ada juga plastik kemasan yang menggunakan mesin vakum untuk merekatkannya. Tentunya masing – masing jenis plastik kemasan memilki kelebihan dan kekurangan. Namun jika bicara soal kegienisan dan keawetan, tentu saja jenis plastik vakum juaranya. Plastik vakum menggunakan vacuum sealer atau mesin vakum dalam penggunaannya. Cara kerjanya yaitu mesin vakum akan menyedot semua udara yang ada di dalam plasti kemasan sehingg tidak ada udara yang tersisa di dalam kemasan yang membuat bakteri, jamur dan mikroorganisme lainnya tidak dapat berkembang biak dengan mudah.


Kekurangan dari jenis plastik vakum adalah plastik tidak dapat disimpan kembali saat sudah dibuka, sehingga mau tidak mau kita harus melakukan proses vakum ulang atau menyimpan produk di wadah yang berbeda. Plastik vakum ini sangat cocok digunakan untuk jenis makanan atau produk segar, seperti daging dan ikan, atau bisa juga digunakan untuk produk makanan olahan yang bersifat beku seperti bakso, nugget dan sosis. Tentunya akan sangat menguntungkan jika menggunakan plastik jenis vakum untuk produk seperti itu karen makanan akan menjadi jauh lebih awet dan tahan lama nantinya. Oleh karena itu gunakanlah plastik vacuum sealer jika anda berniat menjual produk dan ingin membuatnya lebih awet dan tahan lama.

--RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar