Rabu, 02 November 2016

Peran Penting Kemasan Produk Untuk Penjualan Anda




Yang namanya kemasan bisa dibilang pada zaman modern sekarang ini sangat amat berperan penting terhadap angka penjualan. Produk yang bagus tanpa di dukung dengan desain yang menarik dan ikonik bisa dibilang bakal mustahil bisa di terima oleh calon konsumen. 



Beberapa fungsi kemasan yang harus anda pahami :
  1. Memelihara kebersihan makan.
  2. Mudah untuk dibawa.
  3. Memelihara kualitas/keselamatan barang.
  4. Memudahkan penyimpanan.
  5. Memberi informasi kepada pengguna.
  6. Sebagai daya tarik produk pada konsumen.
Oleh karenanya jangan pernah sekalipun anda menganggap remeh yang namanya kemasan. Di pasaran saat ini terdapat 2 buah jenis kemasan/packaging yang sering kita temui, yang pertama adalah Kemasan Tradisonal, dan yang kedua Kemasan Modern. Untuk lebih detailnya mari kita bahas lebih lanjut


  • Kemasan Tradisional :  Kemasan jenis ini biasanya di buat dari bahan-bahan alami dan terbilang aman, meski begitu kemasan tradisional sangat berpengaruh terhadap cuaca dan kondisi ruangan dimana ia di jajakan. Beberapa jenis kemasan tradisional biasanya seperti Daun pisang,daun pandan,daun ketapang,daun kelapa,dan lain-lain.

  • Kemasan Modern : Kemasan modern mempunyai material yang terbuat sepenuhnya dari proses kimiawi, yakni bahan-bahan yang di produksi melalui proses fabrikasi dan manufaktur industri. Sebut saja Alumunium,plastic,PET,Nylon,Polister,dll

Nah mengenai jenis kemasan yang paling relevan biasanya terdiri dari beberapa point penting :
  1. Keterangan tentang komposisi.
  2. Merek.
  3. Gambar produk.
  4. Berat kandungan.
  5. Tanggal Kadaluarsa
  6. Logo, Nama, dan Alamat Perusahaa pembuat
  7. Harga Barang.
Ragam informasi di atas di butuhkan agar calon konsumen merasa tertarik dan ingin mengetahui lebih dalam tentang produk yang anda jual. Di samping itu ada beberapa elemen penting yang harus anda perhatikan apabila ingin membuat kemasan yang mudah di terima oleh konsumen 

Pembungkusan bukan makanan:

  1. ·         Keterangan Bahan Baku.
  2. ·         Keterangan tentang cara pemakaian dan pemeliharaan.
  3. ·         Berat bersih.
  4. ·         Tanggal Pembuatan dan Tanggal Kadaluarsa.
  5. ·         Pemberitahuan, jika bahan mengandungi racun.
  6. ·         Logo, Nama, dan Alamat Perusahaan Pembuat barang.
  7. ·         Harga barang.

Elemen penting dalam penghasilan pembungkusan.
  1. Warna; melambangkan identitass sesuatu barang.
  2. Ilustrasi; sesuai dengan produk.
  3. Topografi; dijadikan logo atau simbol produk
  4. Warna-berkaitan dengan produk
  5. Logo Perusahaan, Nama dan Alamat
  6. Bentuk pembungkusan; sesuai dengan barang atau produk
  7. Tata Letak- kemasan dan menarik, dan kalimat utama perlu diletakkan di bagian depan.
  8. Kemasan dan persembahan.
Untuk kemasan makanan modern sudah barang tentu memerlukan mesin kemasan modern pula, karena cara pengemasan tiap kemasan tersebut berbeda-beda satu sama lain. Maka dari itu di butuhkan beberapa mesin kemasan canggih yang mempunyai kemampuan kerja secara otomatis. Sebut saja beberapa mesin kemasan modern ayang bisa anda miliki seperti : Hand sealer, Vacuum sealer,Strapping band,Shrink, Blister,dll.


Nah bagaimana, apakah anda sekarang mengerti tentang konsep kemasan produk yang baik? Oke semoga info ini berguna untuk anda.









1 komentar:

  1. Bersama Kami Agen Betting Online Terpercaya
    Dapatkan Promo Menarik Dari Agen Bolavita
    Mari Bergabung Di website www(titik)bolavita(titik)pro
    Bisa juga hubungi , info :
    BBM : BOLAVITA
    wechat : bolavita
    whatup : 6281377055002
    Email : cs@bolavita .com

    BalasHapus