Minggu, 04 Desember 2016

Vacuum Sealer : Alat pres plastik kedap udara paling di andalkan


Di zaman modern sekarang ini bisa dibilang perkembangan teknologi pengemasan bergerak sangat cepat. Perkembangan teknologi seolah membuat inovasi menjadi lebih cepat dan tepa guna. Hal inipun senada dengan munculnya beragam jenis alat pengemas modern dengan kombinasi desain dan teknologi. Vacuum sealer contohnya,  Alat pres plastik kedap udara ini merupakan salah satu mesin kemasan yang bisa dibilang paling hits di pasaran. Mesin Vacuum Sealer di desain sedemian rupa dan di gunakan untuk mengemas beragam jenis barang kedalam kemasan Plastik dengan bahan khusus.



Selain Vacuum sealer ada juga alat pres gelas plastik yang sering kita kenal dengan cup sealer, merupakan mesin press plastik dengan fungsionalitas sesuai bidangnya. Alat ini biasanya di gunakan untuk mengemas minuman ringan kemasan yang wadah/gelasnya terbuat dari bahan plastic. Media sealernya sendiri masih menggunakan lapisan plastic sebagai penutupnya.

Di samping itu ada juga alat press plastik untuk bungkusan snack, alat ini bisa dibilang mempunyai bentuk dan fungsi yang hamnpir sama dengan mesin press plastik vacuum sealer. Hanya saja mesin yang di gunakan biasanya lebih sederhana yakni Hand Sealer,Foot Sealer ataupun mesin continuous sealer. Alat ini sering sekali di gunakan bagi industri makanan kecil (UKM) atau perusahaan makanan berskala besar.

Jika ngomongin harga tentunya gak terasa lengkap apabila bandrolnya tidak di bahas, harga alat pres plastik snack (Hand Sealer) contohnya. Mesin ini tergolong kedalam mesin kelas ringan, bobot mesin ini tidak begitu berat dan dimensinya pun tidak terlalu besar. Mesin Press Plastik ini biasanya terbuat dari material besi dan Alumunium. Untuk ukuran terkecilnya mesin ini mampu mengemas plastic dengan panjang 25cm dan yang terpanjang 1.5 meter. Harganya sendiri sangat bervarasi antara 200 ribu hingga 1jutaan.


Disamping mesin-mesin pres plastic yang di sebutkan di atas, ada juga alat pres plastik mini yang kini sedang popular. Adalah mesin hand sealer mini yang kini kerap di buru oleh para pengguna industri rumahan. Bisa dibilang mesin hand sealer mini ini mempunyai bentuk fisik yang istimewa, dengan ukuran hanya sebesar telapak tangan namun fungsinya tetap seperti mesin hand sealer rumahan. Mesin sealer plastik mini ini di tawarkan dengan harga yang super murah, jika mesin hand sealer dengan ukuran regular di bandrol 250ribuan namun untuk hand sealer mini di tawarkan 40 hingga 50 ribu rupiah saja. Apakah fungsinya berkurang? Tidak! Hanya saja dari segi kebutuhan dan spesifikasi mesin sealer plastik mini ini bisa dibilang sangat terbatas. Daya yang di hasilkan cenderung kecil namun boros baterai, element pemanasnya pun mempunyai bentang ukuran yang kecil 

Jika kita ingin membeli mesin press plastik usahakan anda harus mensurveinya terlebih dahulu, harga sealer plastik di pasaran di bandrol sangat bervariasi. Variasi harga ini di sebabkan karena mesin tersebut terdiri dari bebrapa ukuran. Untuk harga mesin hand sealer dengan ukuran terkecil yakni 20cm, biasanya di tawarkan mulai dari 200-250ribu rupiah. Sedangkan untuk versi paling mahal, yakni mesin hand sealer industri, mempunyai bentang ukuran panjang hingga 1.5m di tawarkan mulai dari harga 1 jutaan

Apakah kita bisa membuat mesin press plastik sendiri? Tentu saja. Cara membuat alat pres plastik bisa dibilang cukup mudah. Secara teori elektronika, mesin press plastic pada umumnnya menggunakan konsep pemanasan element yang bersumber dari energy listrik. Simak bahan-bahan di bawah ini :





Nah yang kita butuhkan kini adalah housing untuk merakit beberapa bahan seperti Element,Teflon,Wadah,trafo dan MCB. Oke pada artikel selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara membuat mesin press plastic sendiri untuk kebutuhan rumahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar