Kamis, 01 September 2016

Penggunaan Vacuum Sealer Untuk Pengemasan Makanan


Vacuum Sealer Untuk Pengemasan Makanan



Kini sudah ada mesin vacuum sealer yang bisa di gunakan untuk mengawetkan makanan dalam plastik kemasan lalu mengeluarkan udara yang ada di dalam kemasan tersebut untuk mencegah terjadinya perkembangbiakan bakteri yang terkandung dalam udara sehingga makanan yang ada di dalam kemasan tersebut akan awet, jadi alat vacuum sealer ini memudahkan anda dalam menyimpan makanan agar tidak cepat basi, Mesin ini dapat memperpanjang waktu penyimpanan makanan sehabis di kemas dengan cara di vakum lalu didinginkan, makanan kering, dan makanan beku. Tapi, kemasan vakum bukan substitusi untuk pengolahan panas makanan kalengan rumah. Vacuum kemasan juga bukan pengganti untuk menjaga makanan yang mudah basi.





Bagaimana vacuum sealers bekerja? Oksigen merupakan komponen penting dari udara yang kita hirup. Tetapi oksigen juga dapat berinteraksi dengan komponen makanan dan menyebabkan perubahan warna, tekstur, dan rasa. Dan adanya oksigen dapat mendukung pertumbuhan beberapa bakteri pada makanan. Sebuah vacuum sealer dirancang untuk menghilangkan udara di dalam kemasan setidaknya beberapa dari udara dari paket makanan, dengan tujuan menjaga kualitas makanan untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, beberapa plastik segel vakum secara khusus dirancang untuk membantu menjaga daging dan makanan lainnya tetap segar di freezer dengan mencegah hilangnya kelembaban dan perkembang biakan bakteri jadi di masukan kedalam freezer.

Untuk membuat makanan yang anda simpan tidak basi ada cara yang cukup ampuh dan lumayan memperpanjang masa kedaluarsanya suatu makanan antara lain: memvakum kemasan yang berisi makanan yang anda simpan untuk menghilangkan oksigen agar pertumbuhan bakteri bisa dihambat, itu hanya mengubah jenis pertumbuhan yang dapat terjadi. Bahkan, beberapa bakteri berbahaya seperti Listeria monocytogenes dan Clostridium botulinum sebenarnya lebih suka tumbuh di lingkungan rendah oksigen. Kontrol suhu sangat penting untuk aman vakum penyimpanan makanan basah seperti produk segar dan segar-potong (terutama sayuran), daging dan ikan (mentah dan dimasak), makanan semi-kering, dan roti item lembab seperti roti manis. Jika makanan ini di vakum dalam kemasan dan kemudian dibiarkan pada suhu kamar, ada risiko bakteri berbahaya tumbuh dan menyebabkan penyakit. Ini juga berarti bahwa vakum kemasan daging beku dan makanan laut harus dicairkan di dalam lemari es, tidak pernah di meja alias di ruangan terbuka dengan suhu ruangan normal.

Berikut adalah beberapa tips aman menggunakan sealer vakum:
Menjaga kemasan dengan memvakum lalu menyegel: item yang mudah rusak seperti produk segar, daging dan ikan, makanan semi-kering, dan barang-barang toko roti basah, bila di dalam lemari es atau freezer bakteri berbahaya tidak bisa tumbuh dalam makanan ini, namun bila pada suhu ruangan normal meskipun sudah di vakum kemasannya bakteri akan tetap tumbuh
Gunakan vacuum sealer untuk memperpanjang umur simpan kacang kering benar, buah-buahan, sayuran, dan daging (dendeng). Menghilangkan oksigen dari paket akan membantu menjaga makanan ini mencicipi segar.
    Gunakan vacuum sealer untuk membantu menjaga kualitas daging mentah dan makanan laut, dan daging olahan seperti daging sapi atau sosis, yang disimpan dalam freezer.

Jika anda menggunakan vacuum sealer , ingat bahwa menjaga makanan yang aman adalah tujuan kami yang paling penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar