Kamis, 09 Juni 2016

Mesing Kemasan : Mesin Shrink, Jagonya Mesin Pelapis Kemasan

Mesin shrink


Oke kali ini kita akan mencoba membahas sedikit mengenai mesin shrink, Mesin shrink sendiri merupakan salah satu jenis mesin kemasan yang mempunyai sifat pelapis, sebagai pelindung ekstra untuk kemasan bagian terluar. Menggunakan media plastic shrink sebagai komponen utama, metode shrink ini memang di percaya dapat membuat kemasan utama pada produk menjadi lebih awet, tahan terhadap cuaca, lembab ataupun panas yang di hasilkan dari kondisi ruangan tertentu. 


Mesin shrink banyak di gunakan dalam bisnis kuliner dan makanan, karena sifatnya yang fleksibel dan lunak maka plastic shrink sering kali dimanfaatkan sebagai media pembungkus beberapa makanan segar dan olahan. Metode yang di gunakan oleh mesin shrink sendiri sangat mudah di pahami dan di mengerti, mesin shrink menggunakan metode pemanasan panas yang bisa membuat plastic shrink menjadi lunak dan menyusut. Nah ketika menyusut tersebut plastic shrink akan memberikan tekanan khusus kepada permukaan benda yang akan di kemas.



Mesin shrink mempunyai beberapa keunggulan yang tidak di miliki mesin lain, plastic yang di gunakan untuk proses Shrink pun mempunyai ketebalan  yang berbeda-beda. Tak hanya untuk makanan saja, mesin ini sangat cocok di gunakan untuk mengemas buku, kaleng, benda produksi / metal,dll. Mesin shrink dengan tipe khusus mempunyai bentuk/dimensi yang cukup besar, mesin ini mempunyai konstruksi Tunnel/lorong yang di lengkapi dengan conveyor. Berikut ini beberapa tipe mesin shrink yang sering kita jumpai di pasaran

  • ·         BSD-200 : Mesin shrink ukuran kecil dengan penggunaan listrik hanya 5kw. Lebar tunnel hanya 20cm. Cocok untuk industri pemula dengan ukuran produk kecil.
  • ·         BS-3020A || BS-4525A : Mesin Shrink dengan double fan memastikan panas yang merata. Sangat populer karena ukuran yang standard digunakan untuk segala ukuran industri.
  • ·         BS-5540 : Mesin Shrink heavy duty dilengkapi dengan double kipas atas dan bawah. Cocok untuk plastik jenis PE Shrink yang tebal. Mesin yang kokoh sehingga dapat menopang produk yang berat seperti batu alam.
  • ·         L Seal Cutter BSF-501: Digunakan untuk memotong plastik shrink dalam bentuk roll menjadi sesuai dengan bentuk produk, sebelum dimasukkan ke mesin shrink.
  • ·         L-Seal Hood Cut & Shrink Machine: Biasanya digunakan untuk plastik shrink dalam bentuk roll, sehingga plastik dapat dipotong sesuai dengan ukuran produk dan langsung melalui proses pengesealan. 
Mempunyai mesin shrink tentu memberikan keuntungan tersendiri, terutama bagi anda yang menekuni bisnis makanan jadi, makanan olahan atau pengepakan industry percetakan. Dengan mesin ini kegiatan kirim mengirim barang via cargo jadi lebih terjamin, kondisi cuaca yang lembab, kering atau panas tentu tak akan membuat produk yang anda jual menjadi berubah rasa atau menyusut. Mesin Shrink di bandrol dengan harga yang cukup masuk akal, mulai dari yang termurah ada di angka 4 jutaan, untuk termahalnya hanya belasan juta. Semuanya tergantung dengan spesifikasi dan detail mesin yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar