Rabu, 29 Juni 2016

Tips Menjalani Usaha Makanan Dalam Kemasan

Memulai Usaha Rumahan

Jika anda tertarik dengan dunia kuliner sebagai pilihan bisnis anda, mungkin anda harus mulai melirik jenis makanan dalam kemasan ini. Karena jika hanya mengandalkan penghasilan dari tempat anda berjualan saja, bagaimana usaha anda bisa berkembang? Banyak sekali keuntungan yang mungkin anda dapatkan jika anda mau membuat kemasan plastik untuk makanan anda. Anda juga akan memaksimalkan market tanpa harus berpromosi terus menerus dan hanya jadi penguasa di satu wilayah. Apa saja keuntungan yang mungkin anda dapatkan jika menjual makanan dalam kemasan? Dan bagaimana tips menjalani usaha makanan dalam kemasan agar sukses? Wiratech akan membahas semuanya pada artikel kali ini.



Makanan kemasan dalam plastik sebenarnya bukanlah hal yang aneh, sudah banyak sekali makanan kemasan yang beredar di supermarket dan notabene adalah makanan produksi pabrik besar. Lalu apakah kita akan bersaing dengan makanan dalam kemasan buatan pabrik besar tersebut? Jawabannya tentu saja tidak. Akan sulit untuk menyaingi pabrik-pabrik besar yang tentu saja pasarnya jauh lebih luas dan produknya jauh lebih dipercaya oleh masyarakat. Lalu apa yang perlu kita lakukan? Sebelumnya Wiratech akan membahas dulu apa saja keuntungan yang bisa diperoleh jika kita menjual makanan dalam kemasan.

  •           Lebih hemat biaya
  •           Lebih higienis
  •           Mangsa pasar yang lebih luas
  •           Promosi produk
  •           Meminimalisir makanan yang rusak dan terbuang


Banyak sekali keuntungan yang didapat bukan? Dan yang pasti akan membuat produk kita lebih mudah dikenal orang dan menghasilkan pundi-pundi yang lebih besar. Lalu bagaimana cara menyaingi para raksasa makanan kemasan sementara jenis usaha kita hanyalah Usaha Kecil Menengah (UKM)? Eitssss… tunggu dulu, kita tidak akan berusaha menyaingi mereka, melainkan menciptakan peluang pasar kita sendiri. Tentunya dengan cara yang kreatif. Berikut Wiratech akan berbagi tips bagaimana menjual makanan dalam kemasan :

1.       Buat Produk Makanan Yang Lezat, Unik Dan Orisinil


Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum terjun ke dunia bisnis makanan dalam kemasan adalah produk yang dijual. Ada baiknya kita mencoba mencari ide menu makanan yang unik dan jarang pesaingnya atau bisa juga dengan menciptakan resep - resep baru yang sehat dan lezat. Anda bisa mengintip mengenai Ide Produk Makanan Dalam Kemasan.

2.       Cari Nama Dan Desain Produk Yang Menarik

Ini juga tidak kalah penting bagi anda yang ingin melakukan bisnis kuliner. Terkadang orang melupakan nama dan desain produk setelah merasa memiliki produk makanan yang dirasa lezat, padahal hal ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh para pengusaha. Orang akan mudah mengingat produk anda jika memiliki nama dan desain produk yg unik dan mudah diingat. Carilah nama produk yang pengucapannya mudah dan sesuai dengan produk yang kita buat. Desain produk yang baik juga akan menarik perhatian orang untuk membeli. Jika kita tidak ahli dalam membuat desain mungkin kita bisa menggunakan jasa pembuat desain agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3.       Ciptakan Kemasan Yang Menarik


Judulnya adalah makanan dalam kemasan, tentunya yang akan dilihat pertama kali oleh pembeli adalah kemasannya. Ciptakan produk dengan kemasan produk yang menarik dan enak dipandang. Karena biasanya dengan kemasan yang menarik orang akan melirik produk kita nantinya. Tentu saja anda juga harus bisa kreatif dalam menciptakan kemasan produk yang lain dari yang lain. Jika anda bingung mungkin anda bisa melihat Ide Kemasan Plastik Untuk Usaha yang bisa menjadi inspirasi bagi anda yang baru memulai usaha. gunakan juga mesin kemasan agar lebih praktis.

4.       Rajinlah Promosi


Hal yang wajib dikakukan para pelaku usaha setelah menciptakan produk sendiri yaitu adalah promosi. Promosi bisa dilakukan dengan cara memberikan sampel kepada kerabat-kerabat dekat, bisa juga dengan melakukan endorse pada artis-artis. Anda juga bisa memberikan promosi seperti diskon, memberi produk secara cuma-cuma, membuat kuis dan lain sebagainya. Jangan lupa juga agar selalu aktif di social media.

5.       Lakukan Kontrol Produk Dan After Sales



Salah satu hal yang sering dilupakan oleh para pengusaha kuliner adalah kontrol produk. Sebaiknya jangan pernah lupa untuk mengontrol produk kita setelah terpasarkan. Cari tahu dari pelanggan kita sendiri apakah mereka puas dengan produk kita, merasa ada yang kurang atau justru kecewa. Berikan pelayanan atau after sales sebaik mungkin. Kalau bisa berikan garansi untuk produk yang anda jual, jika pelanggan merasa kecewa anda bisa mengirimkan lagi produk lainnya, memberi diskon atau hal lainnya. Keuntungan dengan bertanya langsung pada pelanggan adalah kita jadi mengetahui apa kekurangan produk dan dapat segera memperbaiki kekurangan tersebut sehingga kualitas produk selalu terjaga.


--RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar